Sabtu, 14 Mei 2016

Daftar Event Wisata di Sumatera Selatan Tahun 2016

Event Wisata di Sumatera Selatan cukup beragam apalagi Sumatera Selatan memiliki tujuan wisata yang beragam yang menarik untuk dikunjungi, baik wisata alam, sejarah maupun budaya. Sumatera Selatan wilayahnya terbentang dari kaki jajaran Bukit Barisan dengan hamparan daratan yang dibelah banyak sungai yang mengalir ke arah muara di pantai sebelah timur Pulau Sumatera. Sumatera Selatan termasuk daerah yang kaya dengan sumber daya alam seperti minyak dan gas bumi, batubara, dan tanahnya juga subur dengan perkebunan kopi sumatera tersebar luas di seluruh Sumatera Selatan  dan perkebunan  teh di daerah Pagar Alam dengan latar gunung Dempo.


Event wisata yang menampilkan seni budaya, kuliner dan keindahan alam selama periode tahun 2016 yang patut didatangi adalah sebagai berikut:


Februari



  • Event  bernuansa sejarah, budaya, kuliner, musik, religi dan pengenalan Sumsel lebih memukau melalui legenda sejarah Sriwijaya, perkembangan melayu Islam dan peninggalan cagar budaya serta masyarakat Tionghoa.
  • Festival Imlek, Cap Go Meh dan Festival Pangeran Cheng Ho
  • Pagelaran musik jazz dengan tajuk Musi Jaz Sriwijaya 2016


Maret

  • Festival Gerhana Matahari total pada 9 Maret
  • Event musik jazz Musi River. Pergelarannya di pinggir Sungai Musi, seperti pelataran BKB, atau River Side


bulan Ramadan

  • event festival makanan


Juli

  • Festival Sriwijaya XXV di yang sudah masuk dalam agenda Kementrian Pariwisata sebagai puncak penampilan karya para seniman di Sumsel.dengan acara pergelaran budaya, permainan rakyat, pesta rakyat


Agustus

  • Pesona Karnaval Musi. Kedua event itu digelar dengan view utama Sungai Musi.


Desember

  • Festival Kopi. ajang pameran tanaman dan produk kopi Sumsel untuk mengenalkan lebih luas pada masyarakat dan pecinta kopi nusantara. Kopi dari Sumsel adalah salah satu jenis Kopi Sumatera yang menjadi komoditas eksport


Jembatan Ampera Sungai Musi Palembang
Jembatan Ampera


Jika anda akan mengikuti salah satu event budaya tersebut di atas jangan lupa untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata menarik di Sumatera Selatan. Berikut ini adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Sumatra Selatan seperti:
  1. Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS); sungai, danau, garis pantai yang sangat panjang,
  2. Berkeliling menyusuri Sungai Musi melihat Jembatan Ampera, mendatangi Pulau Kemaro, dimana pengunjung akan disajikan aneka ragam tradisi serta budaya yang unik dan menarik.Wisata sejarahnya antara lain situs Sriwijaya berupa batu purbakala, patung kuno, dan museum di Palembang, kompleks Pemakaman di Bukit Siguntang serta Benteng Kuto Besak.
  3. Wisata alamnya adalah Danau Ranau Kabupaten Ogan Komering Ulu, Musi Rawas, dan Musi Banyuasin.
  4. Panorama beberapa buah air terjun yang terdapat di Kabupaten Muara Enim dan Lahat, seperti air terjun Bedegung dan Sungai Lematang.
  5. Wisata budayanya meliputi Bukit Serelo, Gunung Dempo,
  6. Rumah Limas, pemukiman suku terasing Anak Dalam dan Kubu.


KULINER

Jika berkunjung ke Palembang jangan lupa menikmati kuliner khas Palembang antara lain:
  • Kerupuk Palembang, salah satu makanan kecil yang terbuat dari campuran terigu dengan rasa ikan tenggiri dari Palembang yang terkenal,
  • Martabak Har, yang terbuat dari telur dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu dan daging, lalu dibungkus adonan terigu, dicampurkan lalu digoreng. Lalu disajikan dengan saus yang lezat terbuat dari kentang, air dan bumbu-bumbu lainnya.
  • Lempok Duren, terbuat dari durian dan gula. Rasanya manis dan kenyal.
  • Tekwan, sup tradisional yang terbuat dari bola-bola ikan, pasta ikan, soun, jamur dan bengkoang  kemudian disajikan hangat-hangat.
  • Bekasem yaitu Ikan yang diasinkan.
  • Makanan khas khas lainnya dari provinsi ini seperti pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes, dan tempoyak.
  • Pempek Palembang, ini adalah makanan paling terkenal dari Palembang, bahannya terbuat dari tepung dan dicampur dengan ikan tenggiri. Jenis-jenis pempek palembang sangat beragam di antaranya adalah: kapal selam, pempek lenjer, pempek kulit,  pempek lenggang dan pempek adaan.
  • Jangan lupa menikmati buah nanas dan duku  yang terkenal dari Palembang adalah nanas dan duku. Rasa nanas dari sini rasanya segar dan tajam, dan duku Palembang rasanya manis

Setelah membaca tulisan di atas, siap-siap atur jadwal anda untuk mengikuti event wisata di Sumatera Selatan pada tahun 2016 ini dan nikmati beragam destinasi wisata menarik di sana.

Related Posts

Daftar Event Wisata di Sumatera Selatan Tahun 2016
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>