Sabtu, 14 Mei 2016

Kopi Sumatra di Balik Filosofi Kopi

Kopi Sumatra merupakan salah satu varietas kopi yang berasal dari Pulau Sumatra yang bertekstur paling halus dan bercita rasa paling berat di antara beragam kopi di dunia. Untuk menyuguhkan secangkir kopi salah satu penentu adalah kopi yang digunakan untuk membuat minuman kopi menjadi filosofi kopi atau dasar untuk mendapatkan yang membuat kita takjub tidak bisa berkata apa-apa saat kita meminumnya. Kopi Sumatra sangat terkenal dengan Mandheling atau Lintong-nya yang tumbuh di pesisir selatan pulau Sumatera sementara yang tumbuh lebih ke arah Barat dikenal sebagai kopi Gunung Gayo. 
Berikut ini adalah berbagai kopi Sumatera antara lain: kopi Aceh, Kopi Gayo, Kopi Sidikalang, Kopi Basemah dan Kopi Lampung.

Kopi Aceh

Kopi Aceh menjadi andalan Indonesia dalam hal produksi dan keunggulan mutu. Sekitar 40 persen biji kopi Arabica tingkat premium dari total panen kopi di Indonesia merupakan hasil produksi dari daerah Aceh. Produksi Perkebunan kopi Rakyat di Aceh pada tahun 2010 mencapai 50.774 ton.

Kopi Gayo

Jenis Kopi Arabika merupakan jenis kopi terbanyak dikembangkan oleh para petani Kopi Gayo di dataran tinggi Gayo Aceh. Hasil produksi Kopi Arabika dari Tanah Gayo ini adalah yang terbesar di Asia. Kopi Gayo Aceh memang memiliki cita rasa khas dan sudah diakui. Keberadaan kopi Gayo tak lepas dari sejarah panjang penjajahan Belanda di Aceh pada awal abad ke 10. Sebagian besar komoditas kopi arabika Gayo tersebut dikembangkan di tiga kabupaten yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. 

Kopi Sidikalang – Sumatera Utara

Kopi Sidikalang terkenal akan cita rasanya yang mantap sampai ke luar negeri. Salah satu pesaing kenikmatan kopi Sidikalang adalah kopi brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di dunia. Sidikalang adalah ibu kota Kabupaten Dairi, terletak di daerah pegunungan yang sejuk. Kekhasan Kopi Sidikalang didapat dari kombinasi hawa dingin dan jenis tanah di kawasan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. 

Di Sumatera Utara terdapat tiga daerah penghasil kopi terbaik yaitu Lintongnihuta, Mandailing, dan Sidikalang.

Kopi Besemah - Sumatera Selatan

Kopi Besemah adalah salah satu kopi yang paling digemari oleh penduduk di wilayah Sumatera Selatan, aroma dan rasanya yang gurih meninggalkan kesan tersendiri bagi penikmatnya. Mayoritas Kopi Besemah adalah jenis Robusta yang tumbuh di dataran tinggi di sekitar pegunungan & perbukitan. Yang paling terkenal dan dicari oleh penikmat kopi adalah Kopi Besemah yang berasal dari daerah Pagaralam yang tumbuh di perkebunan petani di sekitar lereng Gunung Dempo.
Kopi Robusta yang berasal dari Pagaralam ini sejak dulu dikenal istimewa karena aromanya. Wanginya sudah tercium, bahkan sebelum kopinya diseduh. Para petani kopi setempat mengatakan bahwa kopi Pagaralam adalah salah satu kopi favorit Ratu Yuliana pada jaman Belanda dulu. Ratu Yuliana memang seorang pencinta kopi, dan tak pernah melewatkan satu hari pun tanpa kopi. Di Pagaralam, ada sebuah kebun kopi yang khusus dibuat untuk menghasilkan biji kopi terbaik, dan hasil panennya seluruhya dikirim ke dapur istana Sang Ratu dari Belanda ini. Letak kebun kopi yang menjadi kebanggaan rakyat Pagaralam ini terletak di sekitar Simpang Padang Karet.
Selain itu ada juga Kopi Besemah dari daerah Kabupaten Muara Enim dan OKU Timur yang biasa disebut Kopi Semendo, juga dari seputar Kabupaten Lahat dan Empat Lawang meskipun jenis, aroma dan rasanya sama dengan Kopi Besemah dari daerah Pagaralam.
Tempat penjualan kopi ini tersebar di beberapa tempat di berbagai wilayah di Sumsel. Salah satunya yang cukup terkenal adalah di daerah pecinan yang berdiri sejak jaman Sriwijaya di Pasar 16 ilir. Kopi yang dipesan langsung dipanggang pada saat itu juga, dibungkus, dan siap untuk dinikmati atau untuk oleh-oleh.

Kopi Lampung

Kopi Lampung cukup pantas dikategorikan sebagai salah satu kopi terbaik Indonesia karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas. Jenis kopi yang dibudidayakan oleh kebanyakan petani kopi di daerah lampung adalah jenis Kopi Robusta. Sebagian besar perkebunan kopi Lampung di dataran tinggi Lampung merupakan perkebunan rakyat yang terpusat di daerah Lampung Tengah, Lampung Barat, dan daerah Tanggamus.
Berbagai Kopi Sumatra yang diminati kalangan pecinta kopi
Kopi dan Musang
Itulah beberapa kopi yang berasal dari Pulau Sumatra dikenal sebagai kopi Sumatra yang memiliki citra rasa yang khas dan enak yang terkenal hingga keseluruh dunia menjadi pilihan penikmat kopi dalam membuat suguhan minuman kopi yang akan menimbulkan suatu filosofi kopi dengan citra rasa yang khas tersebut.

Related Posts

Kopi Sumatra di Balik Filosofi Kopi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>