Jumat, 27 Mei 2016

Lokasi Surfing di Sumatera Terkenal Hingga Mancanegara

Indonesia dikenal memiliki lokasi surfing yang terkenal di dunia dan lokasi untuk berselancar atau surfing di Indonesia ada banyak, namun khusus di sekitar Pulau Sumatera terdapat beberapa lokasi surfing yang juga terkenal luas bahkan termasuk dalam lokasi surfing terbaik di dunia. Contohnya seperti Pantai Lagundri di Pulau Nias, pantai ini banyak sekali dikunjungi oleh para peselancar luar negeri. Untuk mengetahui tempat surfing tersebut berikut adalah lokasi-lokasi surfing yang ada di sekitar Sumatera.

Nias Punya Dua Lokasi Surfing Terbaik di Dunia yaitu Pantai Lagundi dan Pantai Sorake yang memiliki tinggi ombak mencapai 10 meter
Pulau Nias
 
The Point and Indicator
Surfing di Pulau Nias


Pulau Nias



Nias menjadi terkenal didunia khususnya bagi kalangan surfer tingkat dunia sebab di Nias terdapat dua buah spot surfing terbaik didunia yang bisa disandingkan dengan ketenaran ombak Hawaii. Pulau Nias adalah sebuah pulau yang ada disebelah barat Sumatera Utara. Di pulau ini terdapat dua lokasi surfing yang terbaik didunia disebut dengan The Point atau Indicator. Kedua spot surving ini berada di Pantai Lagundri dan Pantai Sorake yang letaknya hanya berjarak beberapa kilometer saja dimana kedua pantai ini tiada henti menampilkan rangkaian ombak yang luar biasa sepanjang tahun. Kedua pantai ini berada di Kabupaten Nias Selatan berlokasi sekitar 12 km dari Telukdalam, ibu kota Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.
Para peselancar dari berbagai negara banyak datang dan berkunjung di pantai ini biasanya pada bulan April hingga September setiap tahun untuk menjajal gulungan gelombang laut yang tingginya bisa mencapai 7 sampai 10 meter. Yang membuat ombak di Pantai Lagundri ini sangat dicari bagi para selancar adalah karena lokasinya berhadapan dengan Samudera Indonesia dan juga merupakan tempat bertemunya geolombang dengan teluk sehingga ombak akan bertambah  besar. Sebab itu berselancar di Pantai Lagundri merupakan tempat yang sangat menantang para peselancar profesional. Ditambah lagi, panjang ombak di kawasan ini bisa mencapai 200 meter.
Di pantai Lagundri ini telah beberapa kali menjadi lokasi lomba selancar baik nasional maupun internasional. Nias Open adalah salah satu kejuaraan rutin yang diselenggarakan di sini di mana ratusan peselancar mancanegara mengikuti ajang perlombaan ini. Peselancar dari Australia terutama begitu mendominasi di Pantai Lagundri ini.
Selain ombaknya yang menantang para peselancar dunia, Pantai Sorake dengan panorama yang memukau di teluk Lagundri, adalah tempat surfer dari seluruh penjuru dunia datang untuk melihat langsung ombaknya yang spektakuler dari pantai berpasir putih. Ditempat ini, kerumunan turis bisa dibilang hampir tidak ada, sehingga suasananya sangat nyaman untuk bersantai. Menyelam atau memancing juga dapat dilakukan disini.
Ditambah dengan pemandangan kearah laut yang mengagumkan, tepat di muka ombak"Indicators" serta hanya berjarak 50 meter dari "The Point", menghadirkan suasana di seputar teluk Lagundri akan menjadi panorama yang menyejukkan mata.
Selain itu, temukan pula keramahan warga lokal disela-sela kesibukan Anda bisa melakukan belajar surving untuk menyempurnakan teknik surfing dan jalan-jalan mengelilingi pulau.


Pantai Mentawai, Sumatera Barat



Lebih ke selatan dari Pulau Nias terdapat Kepulauan Mentawai yang terletak di lepas pantai Padang, Propinsi Sumatera Barat diketahui memiliki 400 spot surfing dengan tingkat kesulitan yang bervariasi dimana 49 titik diantaranya merupakan favorit para peselancar asing.Salah satu spot surfing  yang terkenal di kalangan para peselancar adalah spot surfing yang terletak di Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai. Pulau Sipora oleh CNN Travel memasukkan lokasi surfing Pulau Sipora ini dalam daftar 20 spot surfing terbaik di dunia. Pada tahun 2010 lokasi ini sempat dihancurkan oleh tsunami, namun berkat upaya dari sejumlah kalangan di tanah air maupun internasional, salah satunya adalah Surf Aid Internasional kini Pulau Sipora bangkit dan berhasil kembali posisi sebagai lokasi yang menjadi pilihan para surfer untuk dikunjungi.

Pantai Mentawai
Ombak Pulau Sipora



Pantai Tanjung Setia, Lampung Barat



Di bagian paling Selatan Pulau Sumatera terdapat Pantai Tanjung Setia yang berada di Lampung Barat. Pantai ini lebih dikenal oleh turis mancanegara dibanding oleh masyarakat lokal. Pantai ini menjadi salah satu tempat favorit dan terbaik di dunia untuk olahraga surfing, karena ombak di pantai ini memiliki ombak tertinggi di dunia karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Itulah sebabnya ombak di pantai ini bisa mencapai tinggi 6-7 meter dengan panjang 200 meter yang sangat menantang bagi para peselancar tingkat dunia.

Lokasi Surving di Lampung Barat
Pantai Tanjung Setia

Ombak Bono di Riau


Dalam dunia peselancar di Riau terdapat suatu hal yang unik lokasinya di Sungai Kampar. Biasanya orang berselancar di laut, namun di tempat ini peselancar bisa melakukannya di sungai. Fenomena ini sangat unik yang dimiliki hanya di lokasi Sungai Kampar ini, obak di tempat ini tingginya bisa mencapai 4-5 meter. Hal ini merupakan suatu yang sangat unik karena sungai biasanya tidak memiliki ombak yang tingginya seperti itu.
Fenomena ombak Bono adalah satu-satunya di Indonesia berada di aliran Sungai Kampar, sungai ini memiliki geolombang ombak yang tingginya bisa mencapai 5 meter yang bisa dipakai para peselencar untuk berselancar.
Fenomena ombak ini dikenal dengan Ombak Bono yang terbentuk akibat pertemuan arus pasang laut dengan arus pasang sungai. Ombak di lokasi ini sangat menantang para peselancar dan sudah banyak peselancar yang datang ke tempa ini untuk menjajal ombak Bono yang aneh ini, bahkan lokasi ini sudah diketahui oleh peselancar manca negara.
Fenomena ombak Bono ini hanya terjadi saat bulan purnama antara bulan Agustus hingga Desember. Pada periode ini terbentuk ombak Bono yang bentuk ombaknya hingga 21 bentuk ombak secara berurutan. Namun buat peselancar harus hati-hati karena di muara sungai ini masih terdapat buaya muara apalagi arus airnya lumayan liar yang cukup berbahaya buat pengunjung yang masih belum berpengalaman.


Ombak Bono di Riau
Ombak Bono

Itulah beberapa lokasi surfing yang ada di sekitar Pulau Sumatera yang memiliki ombak yang menantang para peselancar bahkan sudah terkenal di tingkat internasional. Selain ombak pantai Pulau Sumatera juga memiliki fenomena Ombak Bono yang menantang para peselancar.


Related Posts

Lokasi Surfing di Sumatera Terkenal Hingga Mancanegara
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>