Sabtu, 14 Mei 2016

Restoran-restoran yang Ada Di Lintas Sumatra

(sumber : Hendry Umar di panoramio.com)
Restoran Umega
Untuk urusan perut di sepanjang Lintas Sumatera tidak perlu dikuatirkan buat para pelintas, karena disepanjang jalur Lintas Sumatera mulai dari ujung Aceh hingga ujung Lampung untuk urusan perut sudah banyak restoran. Beragam jenis makanan ada buat para pelintas untuk mengisi perut jika kelaparan dalam perjalanan karena di berbagai kota disepanjang Lintas Sumatera restoran-restoran melayani dengan menu yang khas dari masing-masing restoran tersebut.

Untuk urusan menu bagaimana? Sumatera terkenal dengan masakan Padangnya yang sudah terkenal hingga ke luar negeri, apakah dengan demikian seluruh restoran yang ada di jalur Lintas Sumatera semuanya menyajikan masakan Padang? Tidaklah demikian, walaupun restoran-restoran padang yang umumnya adalah tumah makan yang ukurannya besar-besar di sepanjang jalur Lintas Sumatera bukan berarti tidak ada jenis masakan lain. Selain restoran dengan masakan Padang, banyak juga rumah makan yang menyajikan masakan ciri khas masing-masing daerah di kota mana restoran berada pada jalur lintas Sumatera. Selain masakan khas, sudah banyak juga rumah makan atau restoran dengan masakan khas dari pulau Jawa seperti masakan khas Jawa Tengah atau masakanan Warteg dan masakan Sunda. Restoran dengan masakan yang khas Pulau Jawa ini sudah umum ada di Lintas Sumatera utamnya di daerah Lampung.

Umumnya restoran atau rumah makan Sunda atau warteg dan rumah makan masakan Jawa tengah umumnya ukurannya masih kecil-kecil karena umumnya dikelolah oleh para penduduk yang merupakan dari transmigrasi. Jadi masih terbatas pengembangannya, sehingga masih jarang dijumpai restoran yang ukurannya besar  seperti di pulau jawa. Jadi jangan dibayangkan bisa menemui restoran seperti Dapur Sunda yang jenis masakannya sangat lengkap. Warung Sunda umumnya berupa rumah makan ukuran kecil bisanya tempat para pengendara sekedar makan makanan ringan seperti gorangan sambil meminum kopi untuk menghilangkankan ngantuk di perjalanan. Kalaupun para pelintas makan di restoran seperti ini masakan yang dimakan hanya sederhana seperti ayam atau gurame goreng.

Namun belakangan ini, jumlah warung-warung dengan masakan dari jawa sudah semakin banyak baik berupa rumah makan maupun berupa warung tenda. Di sepanjang kota yang ada di Lintas Sumatera sudah banyak usaha-usaha makanan seperti pecel lele, wartek, warung lamongan, nasi goreng dan lain-lain. Sehingga menjadi pilihan menu makanan buat para pelintas yang kelaparan.
Di jalan lintas Sumatera restoran-restoran yang mempunyai fasilitas yang cukup memadai buat para pelintas umumnya adalah restoran-restoran yang umumnya dibuka oleh perantau Minang. Biasanya retoran-restoran tersebut memiliki ukuran yang besar dengan lapangan parkir yang lumanyan luas untuk menambung banyak mobil bahkan bisa menampung beberapa bis. Biasanya restoran seperti ini yang menjadi tempat rest area buat bis-bis lintas sumatera. Biasanya restoran yang menjadi rest area ini menyediakkan fasilitas buat para penumpang seperti toilet dan kamar mandi. Dan ruang musholla.
Masing-masing bis Lintas Sumatera mempunyai langganan restoran yang menjadi tempat rest area buat penumpang mereka, sehingga penumpang yang melalui perjalanan jauh tidak perlu kuati kesulitan untuk membeli makanan di sepanjang perjalanan. Dan mereka bisa beristirahat dan menyegarkan badan dengan mandi ditempat-tempat yang disediakan untuk membersihkan badan. Karena memang dengan jarak jangkau yang cukup jauh penumpang bisa duduk di dalam bis lebih dari dua hari sebelum tiba di tujuan mereka. Jadi adanya fasilitas untuk mandi di restoran-restoran tersebut akan sangat membantu para penumpang untuk tetap segar.

Namun jika dibandingkan dengan sarana di jalur Pantura, pada Lintas Sumatera ini masih sangat memprihatinkan karena fasilitas-fasilitas tersebut, seperti toilet dan kamar mandi masih kalah bersih dengan yang ada di pulau jawa. Pada lintas Sumatera kualitas air di sarana kamar mandi dan toilet umum belum sebaik di Pulau Jawa. Apalagi kebersihan kamar mandi dn toilet umum masih sangat memprihatinkan. Semoga hal ini bisa semakin membaik ke hari depannya.

Yang menjadi langgaran bis antar Lintas Sumatera adalah restoran-restoran yang berukuran besar ini karena fasilitasnya yang baik buat para penumpang dan awak bis. Di Lampung Selatan yang menjadi langganan para pelintas adalah restorang Begadang. Group ini sudah mempunyai enam cabang baik di lampung Selatan maupun di lampung Tengah mereka yang menguasai untuk tempat peristirahan bis di kawasan ini. Restoran Begadang 5 adalah restoran yang sering disinggahi oleh para pemuduk untuk beristirahat, sebab fasilitas di restoran ini sudah lumayan bagus, seperti ruang kamar mandinya yang lumayan bersih apalagi ruang makannya juga lumayan besar dan bersih sehingga muat untuk tamu yang jumlahnya banyak.

Bis-bis Lintas Sumatra biasanya beristirahat di retoran-restoran besar untuk memberi kesempatan kepada para penumpang untuk beristirahat dan makan. Juga untuk menyegarkan badang dengan mandi atau hanya sekedar cuci muka karena perjalanan lintas sumatra jaraknya cukup jauh. untuk mengetahui jarak antar kota di lintas Sumatra silahkan klik disini.

Selanjutnya untuk di Lampung Utara Restoran Taruko Jaya menjadi pilihan berlangganan para pemudik. Grup ini sudah memiliki tiga restoran yakni satu restoran di Tengineneng dan dua buah lagi restoran di Kota Bumi. Jenis masakan kedua nama restoran ini adalah masakan minang atau padang. Dengan ukuran restoran yang lumayan besar jenis masakan yang disediakan sangat beragam mulai dari rencang, sate padang, ayam gulay, kepala kakap, soto padang, ayam balado, sambal hijo, sayur daun singkong, dan lain-lain. Selain menu tersebut  mereka juga menyediakan menu sarapan yang beragam untuk bisa dipilih para penumpang.

yendi-bengkulu.blogspot.com
Ruma Makan Taruko Jaya

Memasuki daerah provinsi Sumatera Selatan restoran dengan menu masakan padang menguasai tempat rest area penumpang bis lintas sumatera, dan yang menguasai daerah ini adalah restoran bernama Pagi Sore khususnya pada lintas timur. Jumlah restoran ini oleh pemiliknya semakin banyak jumlahnya di sepanjang lintas sumatera di bagian Sumsel dan selain menambah jumlahnya restoran ini juga menyediakan fasilitas yang semakin bagus sehingga semakin diminati oleh pengunjung restoran.

Group Restoran di Sumatera Selatan tidak hanya Pagi Sore, karena untuk di jalur Lintas Sumatera bagian Tengah ada restoran Siang Malam yang membuka beberapa cabang di jalur ini untuk melayani para pelintas jalur Lintas Sumatera. Jadi jika lewat lintas Sumatera di daerah Sumatera Selatan tidak perlu kuatir kesulittan mendapatkan makanan dalam perjalanan anda karena baik pagi, atau siang, atau sore atau malam anda melintas daerah ini ada restoran Siang Malam dan Pagi Sore yang memuaskan rasa lapar anda.

www.makandansantai.com
Rumah Makan Pagi Sore


Kita bergerak ke bagian Sumatera Tengah, di daerah ini ukuran retoran tidak sebesar seperti di Sumatera bagian Selatan. Di daerah ini ukuran restoran tidak terlalu besar namun ada satu restoran yang cukup terkenal, yakni restoran yang bernama Umega yang berlokasi di Gunung Medan. Sebelumnya ukuran restoran ini hanya kecil saja namun seiring dengan waktu restoran ini berkembang menjadi tempat peristirahan yang menjadi pilihan para pelintas sehingga semakin ramai. Dan sekarang restoran ini yang semula hanya sebuah warung kecil menjelma menjadi sebuah tempat peristirahatan dengan fasilitas toserba bahkan tempat menginap. Bahkan di komplek ini telah berdiri dua buah restoran untuk melayani para penumpang bis Lintas Sumatera yang singgah di tempat ini. Ada sedikit cerita mengenai asala nama restoran ini yang dinamakan UMEGA. Nama restoran ini diambil dari singkatan kalimat menambah uang gaji yang disingkat menjadi Umega, sebab awalnya memang oleh pemiliknya usaha restoran ini diharapkan hanya untuk menambah penghasilan maka dibuat hanya sebagai usaha sampingan. Namun ternaya sekarang bisnisnya sudah berkembang.

Dengan fasilitas yang ada restoran Umega ini menjadi tempat favorit para penumpang bis Lintas Sumatera baik untuk mengisi perut makan di restoran yang ada. Bahkan buat para penumpang saat bis berhenti waktu istirahat bisa dimanfaatkan untuk membersihkan badan di sini karena tersedia fasilitas kamar mandi yang memadai untuk mandi dan menukar pakaian mereka dengan pakaian bersih. Fasilitas yang ada ditempat ini sangat banyak seperti lapangan parkir yang mampu menampung hampir dua puluh bis lintas sumatera. Tentu yang menggunakan fasilitas disini sangat banyak karena selain bisa ada juga pelintas yang menggunkan mobil kecil.


Untuk sementara restoran di lintas jalur sumatera yang dibahas hanya demikian dulu walau sebenarnya untuk menjadi tempat pilihan beristirahan tidak selalu restoran yang menjadi rest area bis lintas sumatera. Buat para pemudik yang melewati lintas sumatera dengan kenderaan kecil bisa memilih lebih banyak untuk beristirahat karena bisa singgah dan keliling dikota-kota yang disinggahi pada saat melintasi Lintas Sumatera. Berbeda dengan penumpang bis Lintas Sumatera pilihannya harus disesuaikan dengan langganan rest area bis yang ditumpanginya.


Buat para rekan-rekan yang memiliki pengalaman mengenai restoran lai di sepanjanag Lintas sumatera bisa mengirimkannya ke email kami di sini.

Related Posts

Restoran-restoran yang Ada Di Lintas Sumatra
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>