Sabtu, 14 Mei 2016

Wisata Olahraga Musi Triboatton 2016 diramaikan 16 Tim Dayung

Wisata Olahraga Musi Triboatton 2016 diramaikan 16 Tim Dayung
Triboatton 2016
Kegiatan olahraga wisata International Musi Triboatton 2016 yang akan berlangsung di Sumatera Selatan pada 11-15 Mei 2016 akan diramaikan oleh sebanyak 16 tim dayung yang sudah siap untuk bertanding. Kegiatan ini adalah untuk mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mengejar target dua belas juta kunjungan wisatawan mancanegara  dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2016. Sungai Musi sudah diusulkan sebagai ikon sport tourism bahkan  Musi Triboatton menjadi model sport tourism di Indonesia.

International Musi Triboatton (IMT) 2016 akan berlangsung sebanyak lima etape dan empat kabupaten dan satu kota menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan olahraga kayak, dragon boat, dan rafting. Kota Palembang sendiri akan menjadi salah satu Tuan Rumah kegiatan International Musi Triboatton ini bekerjasama dengan empat Kabupaten lainnya di Sumatera Selatan yaitu, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Empat Lawang. 

Acara yang akan dilaksanakan adalah:
  • Pembukaan  International Musi Triboatton 2016 ini akan digelar di Gelanggang Remaja Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin pada 12 Mei 2016. 
  • Etape pertama dimulai di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang. Kemudian dilanjutkan di Desa Ulak Mengkudu Lapangan SDN 14 Empat Lawang sebagai lokasi estafet peserta dengan finish di Jembatan Kuning, Tebing Tingg.
  • Etape kedua akan dilaksanakan di Desa Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. 
  • Etape ketiga dilaksanakan di Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin. 
  • Etape keempat dimulai di Dermaga Pangumbuk, Kabupaten Banyuasin. 
  • Etape kelima akan menjadi titik akhir peserta di Kecamatan 10 Ulu, Kota Palembang.
International Musi Triboatton 2016 dilaksanakan dengan memadukan wisata penjelajahan atau penyusuran sungai dengan lomba dayung variatif menggunakan tiga jenis perahu (boat) yaitu; river boat, kayak dan traditional boat racing (TBR), dan penyusuran bersama dengan perahu induk dari hulu ke hilir sepanjang 500 kilometer dengan lintasan berarus deras (white water) dan berarus tenang (flat water).

Lomba yang sudah dilaksanakan untuk yang kelima kalinya ini rencananya diikuti peserta dari berbagai negara dan daerah. Sudah ada 16 tim dayung yang tercatat ikut ambil bagian di lomba dayung terbuka ini, antara lain Singapura, Macau, Philipina, Brunei Darussalam, China, Malaysia, Jawa Timur, Jambi, Yonif 133 Padang, Jawa Barat, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan 1 dan Sumatera Selatan 2.
"Sumatera Selatan memiliki atraksi alam yang bagus. Ikonnya adalah sungai Musi. Jika diadu dengan Danau Toba, Sumsel mungkin tidak bisa mengalahkan Sumut. Tapi dari sport tourism, Sumsel bisa menang," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Diharapkan ajang ini bukan saja sebagai olahraga, tetapi juga sarana promosi wisata Indonesia khususnya Provinsi Sumatera Selatan. Sehingga dengan adanya event tersebut dapat memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumsel secara khusus dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan lewat kegiatan ini.

Panitia lomba juga akan menggelar berbagai acara, di antaranya lomba menggambar, lomba yel Musi Triboatton 2016, lomba kreasi Jingle Musi Triboatton 2016, lomba blog, dan lomba video.

Related Posts

Wisata Olahraga Musi Triboatton 2016 diramaikan 16 Tim Dayung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>