Selasa, 23 Mei 2017

Atasi Defisit Listrik di Sumatera

Kapal Pembangkit Listrik



Kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) asal Turki, yakni Karadeniz Powership Onur Sultan bersandar di Pelabuhan Belawan Medan.

Kapal MVPP adalah salah satu yang terbesar di dunia. Memiliki panjang/Length Over All (LOA) 295,82 meter, lebar 46 meter dan bobot 90.084 ton, kapal ini sudah berlabuh di perairan Belawan sejak Jumat malam (21/5/2017).

"Pelindo 1 telah menyiapkan pelayanan pemanduan dan penundaan untuk melayani proses sandar kapal ini di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan. Untuk pelayanan kapal MVPP ini, Pelindo 1 telah menyiapkan 7 kapal tunda, 3  orang pandu/pilot, dan penyiapan alur" jelas General Manajer Pelabuhan Belawan, Yarham Harid dalam keterangan resminya, Minggu (21/5/2017).

Menurut dia, perseroan juga memastikan kesiapan proses pelayanan kapal ini melalui koordinasi dan supervisi dengan berbagai pihak seperti syahbandar.

Pengecekan sarana prasarana dan kesiapan pekerja di lapangan menjadi faktor penting agar pelayanan kapal ini dapat berjalan lancar dan efisien.

Keberadaan MVPP ini diharapkan dapat menutupi serta mengantisipasi defisit listrik dalam jangka pendek dan memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera bagian Utara.

Kapal pembangkit ini memiliki kapasitas daya 240 MW, dan dapat ditingkatkan hingga 480 MW. Sehingga diharapkan tidak ada lagi masalah pemadamam listrik di wilayah Sumatera bagian Utara.

Kapal ini diberangkatkan dari Istanbul, Turki  pada bulan April lalu, yang serah terimanya dilakukan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, T. Erry Nuradi.

 
EditorBambang Priyo Jatmiko

Kompas.com

Related Posts

Atasi Defisit Listrik di Sumatera
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>