Bangga, Indonesia Telah Mampu Buat Kapal Selam Pertamanya

Bangga, mungkin itu yang bisa dirasakan warga Indonesia atas karya anak-anak bangsa yang telah membuat Kapal selam pertama Indonesia yang diberi nama Kapal selam Alugoro.

Kapal selam ini dibuat oleh PT. PAL Indonesia (Persero) dengan menggunakan fasilitasnya di Indonesia. Dalam pengerjaan joint section PT. PAL Indonesia berhasil mendapatkan predikat Zero Defect, info resmi PT. PAL.

Kapal selam Alugoro tersebut kini telah berhasil melewati tahapan Nominal Diving Dept (NDD) di laut utara Pulau Bali pada hari kemarin Selasa, 21 Januari 2020.

Kesuksesan ini pun membuat Indonesia menjadi satu-satunya negara Se-ASEAN yang mampu membuat dan membangun kapal selam.

Adapun nama yang diberikan pada kapal selam ini diambil dari tokoh pewayangan Alugoro yang merupakan salah satu senjata berbentuk Gada milik Prabu Baladewa. Tokoh ini dikisahkan memeliki sifat yang adil,jujur dan juga tegas.

Kapal selam Alugoro adalah kapal ketiga yang berhasil PT. PAL Indonesia (Persero) buat bekerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Dua kapal sebelumnya diberi nama Nagabanda (2017) dan KRI Ardadedali (2018) namun keduanya belum dibangun di Indonesia.

Keberhasilan tahapan NDD menjadi acuan proses pembangunan kapal selam ini sudah mencapai 90 persen, “Ungkap Kepala Divisi Kapal Selam PT. PAL Indonesia Bapak Satriyo Bintoro.

Peluncuran dan peresmian kapal selam Alugoro telah dilaksanakan di Dermaga Kapal Selam PT. PAL Indonesia di kota Surabaya 11 April 2019 silam, lalu kapal tersebut melakukan serangkaian tes dan pengujian seperti SAT dan Harbour Acceptance Test (HAT). Nantinya Kapal Selam Alugoro akan diserah terimakan kepada Kementerian Pertahanan untuk menjadi bagian dari Alutsista TNI AL pada Desember 2020.

Share this: