Hosting Unlimited Indonesia

Biaya Haji 2020 Telah Ditetapkan Pemerintah Sebesar 35,2 Juta Rupiah

DPR dan jajaran pemerintah telah menandatangani kesepakatan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2020 (Kemenag RI)

DPR dan jajaran pemerintah telah menyetujui dan menyepakati besaran rata-rata Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) yang akan dibebankan bayar kepada calon jemaah haji Tahun 1441 Masehi/2020 Hijriah dengan biaya sebesar Rp. 35,235,602,-.

Menurut Menteri Agama Fachrul Razi Angka BIPIH tersebut merupakan hasil kesepakan bersama dalam Rapat Kerja Menteri Agama dengan Komisi VIII DPR RI di Jakarta kamis kemarin.

Biaya tersebut sama dengan tahun sebelumnya menurut Menteri Agama Republik Indonesia tersebut, angka BIPIH ini termasuk biaya tiket pesawat, penginapan di Mekkah dan uang saku jamaah ketika berada di tanah suci tersebut.

Hosting Unlimited Indonesia

Adapun peningkatan biaya terjadi disebabkan adanya peningkatan jumlah persediaan makan jaam di tanah suci yang dari 40 kali di tahun 2019 kini jadi 50 kali di tahun 2020. Dan untuk uang saku akan tetap diberikan sebesar 1.500 Riyal Saudi atau setara Rp. 5,471,403 jika dirupiahkan.

BIPIH adalah istilah pada biaya yang dibayarkan jemaah haji secara langsung, sedangkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) saat ini merujuk pada seluruh biaya yang dipakai pada penyelenggaraan ibadah haji yang terdiri dari gabungan subsidi pemerintah dengan BIPIH tersebut.

KemenagRI menyampaikan persetujuan BPIH dari DPR RI dan pemerintah yang merupakan bagian terpenting dari kegiatan penyelenggaraan kegiatan haji tiap tahunnya.

Kini angka BPIH tersebut tinggal menanti pengesahaan Presiden RI Joko Widodo untuk nantinya jemaah yang ditetapkan berangkat pada tahun ini bisa segera membayarkan BIPIHnya.

Sumber: Kemenag RI

Share this: