Cara mudah merekam panggilan WhatsApp di Android dan iPhone

Gambar : unsplash.com

lintas-sumatera.com – Sebagai salah satu aplikasi perpesanan instan yang populer, WhatsApppasti digunakan pengguna hampir di seluruh dunia setiap hari. Tidak hanya berkirim pesan, tetapi juga menelepon.

Sayangnya, WhatsApp tidak memiliki fitur untuk merekam panggilan. Beberapa pengguna merasa bahwa fitur merekam panggilan itu penting untuk tujuan tertentu, misalnya pekerjaan.

Dilansir laman Gadgets NDTV, ada cara untuk merekam panggilan WhatsApp di Android dan iPhone, salah satunya menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Tapi untuk pengguna iPhone tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Berikut cara untuk merekam panggilan WhatsApp di Android dan iPhone:

1. Cara merekam panggilan WhatsApp di Android

Pertama, hubungkan iPhone ke Mac dengan kabel Lightning. Pilih ‘Trust this Computer’ pada iPhone jika ini pertama kali pengguna menghubungkan keduanya.

Buka QuickTime di Mac. Di bawah File, pilih Rekaman Audio Baru. Di sebelah tombol rekam di QuickTime, klik panah yang menujuk ke bawah dan pilih iPhone.

Tekan tombol rekam di QuickTime. Setelah melakukan panggilan melalui WhatsApp, tekan ikon Add User. Kemudian pilih orang yang ingin pengguna ajak bicara. Setelahnya, iPhone akan merekam pembicaraan selama panggilan berlangsung.

Setelah panggilan selesai, hentikan rekaman di QuickTime dan simpan file di Mac. Sebagai catatan, orang lain dalam panggilan WhatsApp itu dapat melihat pengguna merekam panggilan sehingga tidak bisa dilakukan secara diam-diam.

2. Cara merekam panggilan WhatsApp di Android menggunakan Cube Call Recorder

Instal aplikasi Cube Call Recorder di Google Play Store. Buka aplikasi tersebut lalu beralih ke WhatsApp. Telepon orang yang ingin pengguna ajak bicara.

Jika widget Panggilan Cube muncul dan menyala, maka aplikasi telah merekam panggilan pengguna. Jika tidak menyala, buka Pengaturan Cube Call Recorder dan pilih Force VoIP Call sebagai panggilan suara.

sumber : suara.com