Hosting Unlimited Indonesia

Inilah 5 Koridor BRT yang Akan Segera Dioperasikan

Illustrasi BRT yang ada didunia

Inilah 5 koridor BRT yang akan segera dioperasikan dalam waktu dekat ditahun ini.

Bus Rapid Transit (BRT) adalah mode transportasi darat berbentuk bus yang akan terintegerasi dari terminal satu dengan yang lainnya.

Bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Kota Medan tahap awal rencana pembangunan BRT ini akan di lakukan pembangunan 5 koridor terlebih dahulu untuk tahap awal yaitu Pinang Baris, Terminal Amplas, Belawan, Tuntungan dan Tembung, nantinya semua akan berpusat di Lapangan Merdeka Medan.

Adapun rincian koridor yang akan dibangun sebagai berikut;

Hosting Unlimited Indonesia
  1. Koridor Terminal Pinang Baris-Lapangan Merdeka Medan, Panjang 9,7 Km dengan jumlah halte: 49 Halte tersedia bus besar sebanyak 11 unit.
  2. Koridor Terminal Amplas-Lapangan Merdeka Medan, Panjang 9,6 Km dengan jumlah halte: 56 halte dan tersedia 11 unit bus besar.
  3. Koridor Belawan-Lapangan Merdeka Medan, Panjang 24,1 Km dengan jumlah halte: 112 halte dan tersedia bus sedang sebanyak 21 unit.
  4. Koridor Medan Tuntungan-Lapangan Merdeka Medan, Panjang 18,1 Km dengan jumlah halte; 87 halte dan tersedia 17 unit bus sedang.
  5. Koridor Tembung-Lapangan Merdeka Medan, panjang 8,3 Km dengan jumlah halte; 42 halte dan tersedia 10 unit bus sedang.

(Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution menuturkan BRT ini diharapkan akan membuat masyarakat akan beralih dari kendaraan pribadi kepada moda transportasi umum yang lebih ramah lingkungan dan hemat.

Nantinya BRT ini akan menggunakan sistem ITS (Intelejen Trafiict Sistem) nantinya bus tersebut akan bebas hambatan selama perjalanan.

Untuk masa awal nantinya pada tahun pertama tiket BRT akan digratiskan dan membiasakan masyarakat untuk menggunakan E-Money, ketika nantinya tarif bus sudah diberlakukan masyarakat sudah terbiasa dengan model pembayaran cash less atau dengan E-Money.

Share this: