Hosting Unlimited Indonesia

Malaysia Sudah Lakukan Lockdown, Indonesia Kapan?

Malaysia Sudah Lakukan Lockdown, Indonesia Kapan?
Gambar (Unsplash)

Di Indonesia jumlah kasus terinfeksi virus Covid-19 atau lebih dikenal dengan Corona semakin hari semakin bertambah jumlahnya.

Hal ini mengundang tanggapan masyarakat untuk meminta pemerintah mengambil tindakan untuk melakukan Lockdown atau penutupan sementara akses dari dan ke Indonesia.

Dikutip dari CNBC Indonesia, menurut perhitungan Tim Risetnya mengatakan jumlah kasus baru COVID-19 tiap harinya mencapai 33,7%. Hal ini mengacu pada estimasi Badan Intelijen Negara (BIN), Wabah Covid-19 ini akan baru mencapai puncaknya pada bulan puasa mei 2020 nantinya.

Hosting Unlimited Indonesia

Adapun yang perlu dijelaskan bahwasanya Lockdown bisa di artikan sebagai tindakan pembatasan akses dari dan ke suatu wilayah atau juga pembatas kegiatan orang dalam beraktivitas sehari-hari.

Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) kini telah menjadi wilayah episentrum penyebaran virus corona ini dan berpotensi untuk dilakukan Lockdown untuk mencegah penyebarannya ke wilayah atau pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Lockdown dapat dilihat dari sisi positif memiliki keuntungan seperti misalnya dapat mengontrol dalam penanganan wabah yang lebih optimal, pencegahan, dan melacak suspect corona itu sendiri.

Untuk sisi negatifnya sendiri ada pada sektor perekonomian yang lumpuh dikarenakan turunnya produktivitas masyarakat yang sedang di lockdown. Hal ini juga bisa memicu masyarakat untuk menarik uangnya dari bank untuk menyimpan secara tunai karena takut tidak dapat membeli bahan makanan.

Tindakan Lockdown sendiri bagaikan buah simalakama yang bila dilakukan mengancam perekonomian namun jika dibiarkan ada nyawa yang akan dipertaruhkan.

Pemerintah diharapkan tegas dalam melakukan lockdown, mulai dari kapan dimulai dan kapan diberakhirnya lockdown, dan pemerintah harus memastikan warganya aman baik dari kesehatan jasmani, rohani dan juga finansialnya.

Share this: