Hosting Unlimited Indonesia

Pakar Kesehatan Menyebutkan Masker Bukan Solusi Cegah Virus Corona

Illustrasi seorang anak menggunakan penutup hidung atau lebih sering disebut masker.

Pakar Kesehatan Menyebutkan Masker Bukan Solusi Cegah Virus Corona

Diberitakan kemarin langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Jakarta bersama menteri kesehatan Indonesia.

Ada dua orang warga negara Indonesia yang positif terkena Virus Corona, yaitu seorang Ibu dan Anaknya yang sebelumnya sempat berinteraksi dengan wisatawan dari Jepang dan ditemukan wisatawan tersebut positif corona sewaktu di Malaysia setelah meninggalkan Indonesia.

Hosting Unlimited Indonesia

Karna hal tersebut, banyak warga +62 yang berbondong-bondong berburu masker untuk melindungi dirinya dari Virus Corona, namun hal tersebut keliru menurut beberapa pakar kesehatan.

Virus Corona Baru atau disebut dengan COVID-19 tidak bisa dihindari dengan hanya menggunakan masker. Meskipun, dengan menggunakan masker tipe N95 dan masker lebih proteksi lainnya.

Hal ini disebabkan orang yang sehat tidak perlu menggunakan masker untuk melindungi dirinya, hal terpenting yang harus dijaga adalah menghindari terlalu sering menyentuh bagian wajah, malah apabila kita menggunakan masker secara terus menerus bisa memungkinkan kita jadi sering menyentuh wajah kita untuk memperbaiki posisi masker yang menempel diwajah kita.

Seorang spesialis pencegahan infeksi dari Fakultas Kedokteran Unicersitas Lowa, Amerika Serikat menuturkan Virus Corona menular melalui tetesan atau cairan, bukan dari udara.

Masker dibuat dan dirancang menjaga agar cairan ataupun tetesan dan udara tetap bisa masuk bukan untuk mencegah masuk. Pemakaian masker diperuntukan bagi orang yang sakut sehingga tidak menularkan kepada orang lain.

Hal ini perlu disadari bagi yang merasa dirinya sedang sakit flu atau lainnya yang berhubungan dengan pernafasan maka perlu dirinya memakai masker baik dirumah maupun diluar rumah untuk mencegah dirinya menularkan virus kepada orang lain.

Share this: