Tawon Vespa menyerang warga di Bekasi

Lintas-sumatera.com – Keberadaan hewan seperti tawon memang kerap digambarkan sebagai serangga yang kerap mengganggu manusia. Namun jangan salah, ada pula dari jenis mereka yang justru sangat membahayakan dan membuat nyawa melayang. Salah satunya seperti yang terjadi Klaten, Jawa Tengah.

Dilansir dari news.detik.com, tawon bernama latin vespa affinis atau biasa disebut sebagai tawon endhas (Bahasa Jawa kepala) tersebut, membuat dua orang tewas akibat sengatannya. Diketahui, serangga jenis ini termasuk berbahaya karena memiliki kemampuan membunuh manusia dalam waktu singkat. Lantas, seperti apa bentuknya

Ciri-ciri tawon vespa affinis [Sumber gambar]

Tawon Vespa dikenal sebagai tawon ‘pembunuh’ karena sengatannya begitu mematikan. Damkar mencatat 6 warga terluka akibat sengatan tawon.

“Termasuk anggota saya satu (orang) kena luka sengat,” kata Adhi.

Damkar menerima laporan adanya sarang Tawon Vespa hampir di setiap kecamatan mulai dari Cikarang Timur, Babelan, Sukatani, Tambelang, hingga Setu.

Adhi menyebut banyaknya sarang tawon di Kabupaten Bekasi karena adanya peralihan fungsi lahan, yang semula merupakan area perkebunan yang juga habitat tawon diubah menjadi pemukiman.

Di Kota Bekasi, sekitar 30 lebih sarang tawon berhasil dievakuasi petugas selama 1 bulan terakhir. Sama halnya dengan Kabupaten Bekasi, mayoritas yang dievakuasi yakni tawon Vespa Affinis.

“99 Persen (jenis tawon) Vespa,” ujar Pelaksana Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban.

Dalam proses evakuasi, tidak ada korban jiwa selama proses evakuasi. Namun, 6 orang jadi korban luka sengat, yakni 5 warga sipil dan 1 petugas damkar.

“Kalau yang petugas (damkar) sempat dirawat di RS, terus yang di (warga) Ujung Harapan dirawat juga di RS, tapi masuk pagi, sore pulang,” sebut Eko.

Hampir setiap kecamatan ditemukan sarang tawon. Mayoritas di Pondok Gede, Jatisampurna, dan Bantargebang. Eko mengimbau masyarakat untuk melapor ke Damkar jika menemukan sarang tawon.

“Karena kalau dieksekusi sendiri, risikonya,” tutur Eko.

Jika warga melihat sarang tawon di rumah ataupun lingkungan sekitar, dapat mengontak Damkar Kota Bekasi di (021) 88957805 dan Damkar Kabupaten Bekasi di (021) 88336732.

Share this: