Wisata sepeda ontel keliling desa kulon progo

Wisata sepeda ontel keliling desa kulon progo [Sumber]

Berangkat dari hobi bersepeda, Mantowil yang berasal dari desa Banguncipto, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki ide cemerlang untuk memajukan pariwisata di daerahnya serta mengenalkan produk-produk lokal. Dengan bermodalkan 100 unit sepeda onthel tua, ia membuat paket bersepeda keliling desa untuk wisatawan asing yang dinamai Towilfiets.

Walaupun di mata kita orang Indonesia, ini adalah hal biasa, paket wisata ini ternyata sangat diminati oleh wisatawan asing. Para wisatawan diajak bersepeda menelusuri jalan setapak di desa, lewat sawah, dan jalan yang ada di kampung.

Sebelum mulai keliling desa, wisatawan bisa menjajal sepedanya terlebih dahulu. Dalam perjalanan, akan ada mekanik sepeda yang menemani. Jika sepeda ada yang mengalami masalah teknis, bisa ganti sepeda lainnya.

Tidak hanya berkeliling, Muntowil juga kadang berhenti sejenak di kebun milik warga dan memperkenalkan beragam tanaman dan pohon buah yang ada di Kulon Progo, seperti misalnya pohon kapas, klengkeng, belimbing wuluh dan sebagainya. Wisatawan bebas mencicipi buah langsung dari pohonnya. Sambil mencicipi, Muntowil juga memberikan sedikit penjelasan mengenai fungsi dan kegunaan pohon-pohon tersebut.

Jika sedang musim panen padi, wisatawan juga diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan potong padi. Mulai dari memotong padi di sawah, sampai proses memisahkan butiran beras dari tangkainya.

Di sini mereka diberi penjelasan bagaimana cara membuat stagen, dan bahkan diberikan kesempatan untuk mencoba alat penenun tradisional. Usai mencoba, mereka diajari bagaimana cara memakai pakaian adat Jawa dan mengenakan langsung pakaiannya.
Selain tenun, tempat pembuatan tempe juga jadi bagian dari itinerary. Wisatawan akan diajak untuk melihat proses pembuat tempe hingga jadi dan siap untuk dinikmati.

Paket wisata ini dibanderol dengan tarif Rp350 ribu rupiah per orang. Jika plus makan maka tambah Rp150 ribu. Dengan menawarkan keramahan dan kearifan lokal, tak heran paket wisata ini banyak diminati oleh wisatawan asing.

Sumber; https://www.instagram.com/p/B6kfAZdhp2C/

Share this: